Kamis, 08 April 2010

MENJELASKAN ISTILAH ISTILAH DALAM INTERNET

Entri atom mewakili unsur entri individu, bertindak sebagai container untuk metadata dan data yang terkait dengan entri. Elemen ini dapat muncul sebagai seorang anak dari atom: feed elemen, atau dapat muncul sebagai dokumen (yaitu, tingkat atas) elemen mandiri Dokumen Entri Atom
Di Translate dari: The Atom Syndication Format

Hyper”Pranala”link

Pranala, pautan atau link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan. Ada beberapa cara (format) untuk menampilkan pranala pada halaman web. Sebuah embedded link (pranala yang tersimpan) adalah salah satu dari beberapa cara yang biasa digunakan: satu atau lebih dari kata-kata yang menggunakan tipe/gaya teks khusus.

Pranala adalah salah satu istilah bahasa Indonesia untuk link/hiperlink dalam bahasa Inggris. Sinonim untuk ini adalah “paut”, “taut” atau juga “kait”. Dalam panduan pembakuan istilah yang diterbitkan pemerintah Indonesia, hyperlink dalam bahasa Indonesia adalah “hipertaut”, sedangkan link adalah “taut”. Kata pranala diambil dari bahasa Kawi atau Bahasa Jawa Kuna yang pada gilirannya mengambil dari bahasa Sansekerta: praṇāla yang berarti “anak sungai”, saluran, terusan dari kolam dan sebagainya. Kata yang mirip dalam bahasa Sansekerta adalah: praṇālikâ yang berarti terusan atau perantara. Dalam bahasa Jawa Kuna, kata ini berarti penyangga, sandaran, lapik atau alas patung. Selain itu kata ini bisa pula berarti, yoṇi atau alas lingga.

- Wikipedia

Home page

Home page adalah URL atau file lokal yang secara otomatis terbuka bila browser mulai atau ketika browser’s “rumah” tombol ditekan. Satu dapat menonaktifkan fitur ini dan atas, serta menentukan URL untuk halaman yang akan diambil. Istilah ini juga digunakan untuk merujuk ke halaman depan, indeks direktori webserver, atau utama halaman web dari sebuah situs web sebuah kelompok, perusahaan, organisasi, atau individu. Di beberapa negara, seperti Jerman, Jepang, dan Korea Selatan, dan sebelumnya di Amerika Serikat, istilah “homepage” yang umumnya mengacu pada situs web yang lengkap (dari sebuah perusahaan atau organisasi lain), bukan satu halaman web.
Dalam kategori yang sama sekarang homepage adalah website yang berusaha menjadi halaman awal (lebih tepatnya a personal web portal). Sebuah halaman awal adalah sebuah situs web atau halaman dimaksudkan untuk mengatur link atau informasi bagi pengguna ketika sebuah browser web dimulai. Buat halaman umumnya terdiri dari informasi seperti berita, cuaca, permainan, dan web lainnya dan web widget gadget. Buat halaman juga informasi agregat seperti RSS feed atau mengumpulkan dan mengelola halaman web link.Examples of Start pages include iGoogle , Netvibes , Sthrt , Pageflakes , and icon based home page poggogum. Contoh halaman Mulai termasuk iGoogle, Netvibes, Sthrt, Pageflakes, dan ikon berbasis home page poggogum.

- Kata-kata Gebi

Halaman Web - - - - - Web Page

Web page adalah sebuah dokumen atau sumber informasi yang sesuai untuk World Wide Web dan dapat diakses melalui web browser dan ditampilkan pada komputer layar. Informasi ini biasanya dalam HTML atau XHTML format, dan dapat memberikan navigasi ke halaman web lain melalui hypertext link.
Halaman Web dapat diambil dari komputer lokal atau dari remote web server. Web server hanya dapat membatasi akses ke jaringan swasta, misalnya perusahaan intranet, atau mungkin menerbitkan halaman di World Wide Web. Webpage yang diminta dan disajikan dari web server menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Halaman web terdiri dari file-file teks statis disimpan dalam web server ‘s sistem berkas (statis halaman web), atau web server mungkin membangun (X) HTML untuk setiap halaman web bila diminta oleh browser (halaman Web dinamis). Klien - script sisi dapat membuat halaman web lebih responsif terhadap input pengguna sekali dalam browser klien.

- Kata-Kata Gebi

Website —- Situs Web

Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain. Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet.

- Wikipedia

Hypertext markup language (HTML)

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML. HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:

* structural. tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks
* presentational. tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks tersebut
* hypertext. tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain
* Elemen widget yang membuat objek-objek lain

- Wikipedia

RSS

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol:

* Rich Site Summary (RSS 0.91)
* Really Simple Syndication (RSS 0.9 and 1.0)
* Really Simple Syndication (RSS 2.0)

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Dengan memanfaatkan Feed Rss, blog content dapat terisi dan terupdate dengan sendirinya.

- Wikipedia

Subscribe

Mempublikasikan / berlangganan (atau pub / sub) adalah sebuah asynchronous messaging paradigma Sebaliknya, pesan diterbitkan ditandai ke dalam kelas, tanpa pengetahuan tentang apa pelanggan mungkin ada. Pelanggan mengungkapkan minat dalam satu atau lebih kelas, dan hanya menerima pesan yang menarik, tanpa pengetahuan tentang apa penerbit ada. Ini adalah ketergantungan penerbit dan pelanggan dapat memungkinkan untuk lebih skalabilitas dan topologi jaringan yang lebih dinamis. dimana pengirim/ penerbit dari pesan yang tidak diprogram untuk mengirim pesan ke penerima tertentu (pelanggan).
Pub / sub adalah saudara kandung dari antrian pesan (Message-oriented middleware (MOM)) paradigma, dan biasanya satu bagian yang lebih besar dari middleware yang berorientasi pada sistem pesan. Kebanyakan sistem pesan mendukung kedua pub / sub dan model antrian pesan dalam antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface/ API), (misalnya Java Message Service (JMS)).
- Kata-kata Gebi

Blogroll

Blogroll adalah kumpulan pranala ke beberapa blog yang lain. Blogroll biasanya ditempatkan di baris samping (sidebar) halaman muka kebanyakan blog. Masing-masing pentulis blog memiliki kriteria berbeda untuk memasukkan blog lain ke dalam blogroll mereka. Beberapa blogroll dapat berisi daftar weblog yang biasa dibaca oleh penulis dan beberapa pengumpul berita.
- Wikipwdia

Blog

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi Rata Penuhyang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
- Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar